Sabtu, 20 Juli 2013

Eksotika Waduk Siman, Kepung - Kediri

Waduk Siman
Haloo... Salam blogger. Oya, Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankannya. Saat puasa kayak gini pasti pada taukan yang namanya ngabuburit? itu tuh, kegiatan atau aktifitas yang dilakukan saat menunggu berbuka puasa. Kalau di kota - kota besar mungkin ngabuburitnya di Mall atau pusat - pusat perbelanjaan yang menawarkan segala kemegahan dan hiburan. Nah kalau saya yang tinggal di desa mau ngabuburit ke Mall juga? Ngipi... hahaha Jauh sekali dari rumah saya. Dari pada ngipi terus- terusan. Saya akan ajak ceres (Sebutan pembaca di blog saya) untuk ngabuburit di salah satu waduk dekat dengan rumah saya. Yah itung - itung ngabuburitnya sambil menikmati keindahan alam.


Mancing - Waduk Siman
Sebelum masuk ke Waduk Siman. Saya akan sedikit menggulas apa itu waduk. Apa hayoo? waduk adalah tempat untuk menyimpan air untuk persediaan berbagai macam kebutuhan. Waduk dilihat dari proses terjadinya dibagi menjadi dua. Yaitu waduk alami dan waduk buatan. Apa manfaat waduk? Manfaat waduk antara lain untuk pembangkit listrik, pengendali banjir, serta bisa juga dimanfaatkan sebagai pengembangan wisata.

Waduk Siman
Sudah taukan apa itu waduk dan apa manfaat waduk bagi kita. Sekarang saya akan membahas Waduk Siman. Waduk Siman terletak kira - kira 15 Km dari Kota Pare. Dimana Waduk Siman terletak di Desa Siman, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri. Berbatasan langsung dengan Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang. Air yang mengalir ke Waduk Siman berasal dari Waduk Selorejo yang mengalir turun ke Waduk Sekuli, turun lagi ke Bendungan Ceplesi. Nah dari Ceplesi turun lagi melalui PLTA Mendalan menuju ke Waduk Siman. Aliran air ke Waduk Siman ini dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga air atau PLTA. PLTA yang dekat dengan Waduk Siman adalah PLTA Siman. Jaraknya sekitar 800 meter dari Waduk. Waduk yang luasnya sekitar kurang lebih 2 hektar ini saat sore hari banyak dikunjungi oleh masyarakat. Banyak masyarakat sekitar Waduk Siman berwisata disini untuk melepas penat setealah melakukan aktifitas seharian. Dan juga menikmati udara segar. Apalagi disaat puasa kayak gini. Makin banyak yang datang ke Waduk Siman untuk ngabuburit. Pemandangan yang indah serta suasana asri pegunungan. Memanjakan para pengunjung untuk berlama - lama di Waduk Siman.
Jembatan Menuju PLTA Siman
Penampakan PLTA Siman
Saya dengan adik saya menyusuri sekitar Waduk Siman. Oya, jangan takut bagi yang sukanya gratisan seperti saya ini.hahaha Masuk ke kawasan Waduk Siman tidak bayar karcis masuk. Alias free, gratis 24 jam. hahaha Sempat mengabadikan momen dulu dekat Waduk. Setelah merasa puas berputar menyusuri sekitar Waduk. Saya dan adik saya beranjak menuju hutan yang tentunya masih di kawasan wilayah Desa Siman, Kepung. Hutan disana sangat terawat. Daun - daun yang menghijau menyapa saya ketika saya melewati kawasan hutan. Rencana saat itu ingin lanjut ke PLTA Mendalan yang sudah masuk Kab. Malang. Namun hari semakin sore. Jadi kami mengurungkan niat untuk ke sana. Senja pun menyapa, mengingatkan agar segera pulang. Kami segera pulang. Dalam bayangan kami ada yang menunggu di rumah untuk disantap. hahaha
Saat Senja di Waduk Siman
Kalau berkunjung ke Kediri jangan melewatkan untuk singgah di Waduk Siman. Sembarai bersantai untuk menikmati Eksotika Waduk Siman.

Ini nih kumpulan foto hasil editing :

Galeri ChandraBJ di Waduk Siman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ganlob.Com