Jumat, 31 Mei 2013

Ikut FestTIK, Dapat Teman Asik #1



Sumber gambar Festival TIK
Awalnya gak ada rencana untuk ikut di acara Festival TIK (Teknologi Informasi Komunikasi) Untuk Rakyat & INKREASHOW (Industri Kreatif Show) 2013. Silviana memberi informasi kalau dia mau datang ke acara tersebut pada hari kedua yaitu hari sabtu tanggal 25 Mei 2013 dan pualngnyahari minggu tanggal 26 Mei 2013. Pada hal sebelumnya saya punya rencana kalau hari sabtu itu mau pergi ke Kediri juga sama si Silviana. Tapi dia gak bisa karena mau datang ke acara Festival TIK 2013 di JX Internatioal Jl. Ahmad Yani No. 99 Surabaya. Ya agak kecewa sih, kenapa kok gak ngajak saya. Padahal sudah janjian duluan kalau mau ke Kediri. Seingatku hari itu hari Rabu dia bilang kalau ingn ke Surabaya. Ke esokkan harinya saya nyoba godaain si Silviana mau ngajak dia makan bebek Sinjay di Bangkalan, Madura. Eh ternyata dia juga ada rencana ke sana sepertinya. Alhasil setelah debat dengan hebohnya. Saya mengajukan untuk ikutan. Ya meski seperti agak memaksa namun ikut sebagai penunjuk jalan tak apalah. Padahal saya tak seberapa tau jalanan Kota Surabaya. Alhamdulillah destinasinya ada di daerahyang biasa saya lalui ketika ke Surabaya. Dan mbak Tut pun juga setuju saya ikut. 


Setelah berdiskusi jam berapa berangkat ke Surabaya. Dan hasilnya berangkat pukul 05.30 WIB bertemu di timur alun - alun Kota Pare. Ya karena rumah saya dengan Silviana dan Mbk Tut berjarak lumayan jauh. Bertemunya di tempat yang searah dengan tujuan kami. Pukul 05.15 WIB saya sudah sampai di alun - alun Kota Pare. Langsung dah mengeluarkan HP dari saku celana dan memberi kabar kalau saya sudah di tempat janjian kami bertemu. Selang beberapa saat mereka pun tiba. Berbincang - bincang sebentar dan kami memutuskan untuk mengisi perut dulu. Tak jauh dari tempat saya menunggu ada pedagang lontong sayur dan pedagang makanan lainnya. Ya memang alun - alun Kota Pare di pagi hari banyak penjual makanan yang menjajakan dagangannya untuk pengunjung alun - alun yang sedang olah raga pagi untuk sarapan. Saya dan Silvianapun menyantap lontong sayur ditemani sate bekicot dan minumnya sari kedelai. Mantap tuh sarapan pagi hari dengan menu seperti itu. Tapi sayangnya mbak Tut gak ikut sarapan karena sebelumnya sudah sarapan terlebih dahulu di rumah sebelum berangkat. Saat sedang asik sarapan eh bertemu dengan saudara saya yang juga sedang sarapan . Alhasil minuman sari kedelai kami gratis dah. Karena sekalian dibayarin sama saudara saya. Menu sarapan sudah ludes saatnya berbenah diri untuk berangkat ke Surabaya.

Kami pun berangkat ke Surabaya. Dengan saya naik motor sendiri sedangkan mbak Tut dan Silviana boncengan. Bener - bener salut saya dengan mereka berdua. Wonder women lah yaww. Oya, rute yang kami lalui adalah Pare - Ngoro - Sumberboto - Mojoagung - Mojokerto - Sidoarjo - Surabaya. Di perjalanan saat berada si sekitaran sumberboto jalanan bergelombang dan banyak lubang - lubang kecil. Sampai di Mojokerto cuaca berkabut dan hujan gerimis. Itu tidak mematahkan semangat kami untuk terus melanjutkan perjalanan.

Saat baru sampai di JX International

Sekitar pukul 08.12 WIB sampai juga di JX International Surabaya. Suasana masih sepi. Karena acara belum dimulai. Pintu masuk ke JX International pun juga masih tutup. Diputuskan untuk istirahat sejenak dan berusaha menghubungi salah satu teman blogger yang bisa dihubungi. Selang beberapa waktu kemudian muncul dari kejauhan yaitu mas SlameTux dan mas Yuda atau mas Nizam. Karena mukanya mirip sama Nizam. Saya pun berjabat tangan dan berkenalan dengan mas SlameTux dan mas Yuda. Untuk si Silviana dan mbk Tut sudah kenal duluan. Setelah berbinca - bincang sejenak. Saya, Silviana, dan mbk Tut ingin meletakkan kendaraan di tempat parkir di basement JX International. Namun sesampainya di basement suana masih sepi dan belum ada petugas disana. Kami pun memutuskan untuk membawa lagi kendaraan keluar untuk menuju kampus UNESA di Ketintang melihat pameran batik. Itu pun taunya dari hasil melihat salah satu banner dijalanan tadi sewaktu perjalanan ke JX International. Kami pun berpamitan sama mas SlameTux dan mas Yuda untuk pergi ke kampus UNESA.
Di depan Masjid kampus UNESA - Ketintang

Seriusnya... at Pameran Batik di UNESA - Ketintang



Pameran Batik di UNESA - Ketintang
Sampai juga di kampus UNESA Ketintang dan kami meletakkan kendaraan di tempat parkir yang sudah disediakan. Kemudian kami langsung mencari tempat untuk bisa beristirahat sejenak. Awalnya bingung mau istirahat dimana. Setelah memutari tempat pameran batik. Akhirnya kami memutuskan untuk istirahat di masjid kampus UNESA Ketintang. Sesampainya di masjid saya langsung mencuci kaki, tangan dan membasuh muka. Supaya kelihatan lebih segar. Setelah merasa segar kembali, daya duduk di teras masjid dan melihat - lihat sekeliling. Dirasa cukup istirahatnya, kami beranjak dari masjid dan melihat - lihat pameran yang ada. Sembari jalan dan lihat pameran, kami pun menyempatkan diri untuk mengabadikan momen yang ada. Sedikit gambaran bahwa tempat pameran ini memutari semacam danau buatan dan ada panggung pentas seni di sebelah utara. Serta ada panggung kecil di belakang pameran sebelah selatan untuk mengadakan lomba desain baju batik. Merasa cukup menikmati pameran yang ada jam menunjukkan pukul 10.00 WIB, kami memutuskan untuk kembali ke JX International untuk mengikuti kegiatan atau acara yang ada.

Narsis Bareng

Narsis Dulu
Tiba di JX International kami langsung menuju ke basement untuk meletakkan kendaraan dan masuk ke dalam untuk mengikuti acara yang ada. Masuk ke dalam hall kami lupa registrasi dulu. Langsung nyelonong begitu saja dan langsung bertemu dengan teman - teman blogger lainnya. Awalnya bertemu dengan Babe Hilmi yang sedang sibu ngerecord untuk live streaming di live.koplakyoband.com. Setelah bersalaman dengan Babe Hilmi pandangan kami tertuju langsung ke panggung utama tempat talkshow di laksanakan. Ternyata ada Om Ono W purbo yang sedang menjelaskan tentang Wireless Mesh & OpenWRT Router. Awalnya masih sebatas yang ada mengelilingi beliau diatas panggung. Saat mendengarkan penjelasan dari Om Ono tiba - tiba muncul dari belakang teman Blogger dari Bojonegoro. Yaitu Kak Didik dkk. Setelah berjabat tangang dan berkenalan dengan Kak Didik. Saya, Silviana dan mbk Tut menyempatkan diri untuk registrasi masuk ke Festival TIK 2013. Kemudian lanjut mengikuti Talkshownya Om Ono. Duduk di barisan kursi nomor dua dari depan. Saya, Silviana, dan mbk Tut menyimak penjelasan - penjelasan dari Om Ono tentang Wireless Mesh & OpenWRT Router. Jujur saja saya bener - bener bingung dan gak apaham apa yang di bahas dalam talkshow tersebut. Yang saya tangkap inti dari talkshow itu adalah membangun hotspot tanpa hotspot. Nah loh makin bingung kan. Sama sya juga bingung. Tak apalah saya tetap menikmati penjelasan - penjelasan daro Om Ono sampai talkshow berakhir.

Talkshowpun berakhir, karena perut kami sama - sama sudah galau. Akhirnya kami sepakat untuk mencari makan. Setelah muter - muter sekitar JX International, kami menemukan warung kecil yang menyediakan aneka gorengan lauk - pauk. Saya memilih untuk makan lele goreng sedangkan Silviana dan mbk Tut memilih untuk makan bandeng goreng. Makan siang sambil ditemani panasnya udara di Surabaya menambah sensasi tersendiri. Selesei makan siang sebelum kembali ke Jx International kami sempatkan untuk sholat Dhuhur terlebih dahulu di masjid dekat kami membeli makan tadi. Sampai di masjid kami langsung melaksanakan sholat Dhuhur. Selesei sholat, kami tidak langsung kembali ke JX International. Melainkan istirahat dulu di masjid.

Dirasa cukup istirahatnya, kami pun kembali ke JX International. Sesampainya disana kami lanjut mengikuti acara workshop yang bertema "mendesain web" yang lucunya lagi kami langsung nyelonong aja masuk ke ruang workshop yang letaknya di sebelah kanan panggung utama di dalam suatu ruangan yang sudah disediakan oleh panitia. Karena acara sudah dimulai sejak tadi. Saat di dalam ruangan saya cuma menyimak saja. Di depan dijelaskan bagaimana cara mendesain web dengan mengedit HTML. Selang beberapa waktu kemudian acara workshoppun selesei dan akan dilanjutkan dengan workshop berikutnya. Setelah keluar ada pembagian sertifikat. Nah karena kami tadi tidak mengisi daftar hadir dan langsung nyelonong masuk ke ruang workshop. Kami tidak mendapatkan sertifikat tersebut. Dengan agak kecewa kami menuju ke panggung utama. Disana kami bertemu dengan para blogger yang berasal dari berbagai daerah. Ada yang dari Madura, Surabaya, Bojonegoro, Bandung, dll. Kami langsung nimbrung dah. Saya dapat kenalan baru. Yang orangnya asik - asik semua. Kami semua duduk di depan panggung utama saling berbincang - bincang dan pembagian makan siang. Yah tau gitu tadi gak beli makan siang di luar. Ya kami pun cuma nimbrung dan yang lain makan siang. Saat itu bertemu lagi dengan mas SlameTux, mas Yuda dan Kak Didik. Di tambah lagi yaitu mas Stevian, mas Lukman, mas Nurmanto, dan lain - lain yang ke semuanya itu teman baru buat saya. Saya langsung berbasa - basi dengan mereka semua.

Nimbrung sudah selesei kami pun lanjut mengikuti workshop yang ada. Saat itu Workshop Mitigasi Bencana. Saat mau masuk ke ruang workshop kami ingin menulis di daftar hadir tidak boleh. Karena workshop 5 menit lagi akan berakhir. Dengan memaksa kami tetap menulis daftar hadir. Dan akhirnya panitia bilang meskipun kami menulis daftar hadir, kami tidak akan dapat sertifikat. Karen acara sebentar lagi akan berakhir. Kami lansgung masuk di dlam ruangan. Dalam workshop ini dijelaskan bagaimana cara penyebaran informasi tentang becana alam. Dari mulai mulut ke mulut sampai memanfaatkan teknoligi yang semakin maju. Seperti memanfaatkan sosial media dan lain sebagainya.


Di dalam View Tower di Menara Masjid Al Akbar

Narsis Lagii... 

di Masjid Al Akbar - Surabaya
Acara workshop selesei. Mbk Tut ngajak saya, Silviana, mas SlameTux, mas Stevian, mas Lukman, Ria dan mbk Elvira untuk pergi ke Masjid Nasional Al Akbar Surabaya. Masjid ini terletak di Jl. Jemur Andayani No. 1-A Jemur Wonosari Wonocolo Surabaya Jawa Timur, 60237, Indonesia. Kalau ditempuh menggunakan sepeda motor dari JX Intenational kira - kira 15 menit sudah sampai. Saya dibonceng sama mas Lukman. Awalnya mau bawak motor sendiri. Karena semuanya boncengan dan mas Lukman sendiri. Akhirnya saya boncengan sama mas Lukman dan meninggal motor saya di tempat parkir di JX International. Sedikit berbagi pengetahuan tentang Masjid Al Akbar ini. Masjid Al Akbar adalah masjid tebesear kedua di Indonesia yang berlokasi di Surabaya, setelah Masjid Istiqlal di Jakarta. Letak masjid berada di sebelah jalan tol Surabaya - Porong. Masjid ini memiliki ciri - ciri kubahnya yang besar dan dikelilingin empat kubah kecil dan kesemuanya berwarna biru. Serta ciri yang lain adalah masjid ini memiliki menara yang tingginya 99 meter. Itu sekilas tentang Masjid Al Akbar. Sesampai di Masjid Al Akbar kami langsung menuju ke menara untuk bisa masuk ke dalam menara dan naik ke atas menara. Untuk bisa masuk dan naik ke atas menara. Kita harus membayar 5rb rupiah. Akses ke atas menggunakan lift. Sampai juga di atas menara. Subhanallah... pemandangan seantero Surabaya bisa dinikmati di atas menara ini. Jangan khawatir soal keamanan. Di menara ini sekelilingnya dilapisi kaca yang tebal. Jadi pengunjung tidak usah takut. Meski demikian mas SlameTux yang phobia akan ketinggian tetap aja takut. Langsung dah di atas menara ini kami langsung bernarsis ria. Oya saya jelaskan bahwa yang kami tempati saat di menara ini namanya adalah view tower. Yang letaknya pada ketinggian 68 meter. View tower ini muat kira - kira 30 orang. Dan perlu diketahui juga bahwa pukul 16.00 WIB menara ini tutup. Buka lagi ke esokan harinya. Tepat pukul 16.00 WIB kami turun dari view tower menggunakan lift. Sampai di bawahpun masih sempet narsis bersama. Kemudian kami yang ingin mandi ya mandi. Dilanjutkan sholat ashar. Saat masuk ke dalam masjid perasaan yang muncul adalah tenang, damai, dan seperti tak ingin beranjak dari sini. Setelah sholat kami menyempatkan diri untuk foto bersama di depan majid Al Akbar. Yah untuk kenang -
Masjid Nasional Al - Akbar Surabaya

(ki-ka) mbk Elvira, Ria, mas Stevian, mbk Tut, Silviana, ChandraBJ, dan mas Lukman
kenangan bahwa kami pernah menginjakkan kaki disini. Dirasa cukup, kami kembali lagi ke JX International. Namun ditengah perjalanan tujuan berubah menuju Hotel Cemara tempat kami menginap. Karena saya, Silviana dan mbk Tut datang pada hari kedua. Jadinya kami belum mendapatkan kamar. Saya dan mas Lukman mengikuti sampai ke hotel karena belum tau tempatnya dimana. Setelah tau, kami kembali ke JX International untuk mengambil motor saya. Kemudian kembali ke Hotel untuk istirahat sejanak, mandi dan persiapan untuk acara selanjutnya yaitu Blogger Bicara Komunitas di Coffee Toffee - Surabaya. Mau tau bagaimana serunya acara Blogger Bicara. Komunitas? klik di sini ya Serunya "Blogger Bicara Komunitas".

Acara demi acara sudah selesei dilaksanakan. Sangat menyenangkan. Meski tadi sudah menempuh jarak yang sangat jauh. Perjalanan dari Pare - Surabaya. Keliling Surabaya ke kampus UNESA di kentintang dan juga mengunjungi masjid Al Akbar. Sekarang saatnya menuju hotel untuk istirahat. Karena besok ada acara lagi. Salah satunya kami ada rencana untuk pergi ke pulau garam. Tepatnya untuk menikmati Bebek Sinjay. Saya pun masuk hotel dan tidur sekamar dengan mas SlameTux, mas Nurmanto, mas Yuda, dan mas Yaslim. Saat di kamar saya tidak langsung tidur. Sempet keluar kamar ngobrol sama si Silviana. Setelah itu masuk kamar lagi buat nonton final liga champion Bayern Munich vs Borussia Dortmunt. Pertandingan sangat seru dan saya di temani mas Nurmanto saat nonton final liga champion. Mas SlameTux lagi sibuk nulis untuk ngereview acara Blogger Bicara Komunitas tadi. Tak terasa sudah pukul 04.00 WIB dan saya pun belum tidur juga. Final liga champion selesei domenangkan oleh Bayern Munich dengan skor 2 - 1. Mata mulai berat dan tanpa sadar saya tertidur.

Lanjut ceritanya klik disni ya Ikut FestTIK, Dapat Teman Asik #2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ganlob.Com